Tugas Mandiri Pertemuan 9 - KONFIGURASI DASAR PERANGKAT SWITCH CISCO

Mata Kuliah    : Jaringan Komputer
Dosen             : Desmulyati, ST

Hallo Semua, kembali lagi di postingan terbaru blog saya, kali ini
saya akan menjelaskan konfigurasi perangkat sederhana menggunakan Cisco Paket Tracer pada pertemuan 9, ok langsung saja kita ke materinya.



Dalam pembuatan jaringan ini memakai 1 buah switch, dan 1 buah PC. Semua sudah terdapat di dalam aplikasi Cisco Packet Tracer tersebut. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya : 1. Buka aplikasi Cisco Packet Tracer yang sudah terinstal di PC/Laptop Sehingga muncul jendela seperti di bawah ini :

1. Instal dan buka aplikasi software pocket tracer, Setelah itu kita klik End Device. Pilih PC, Lalu Kita Klik Network Device. Pilih Switches.

2. Hubungkan dari PC ke Switches

3. Double Click PC, Pilih Fast Ethernet

4. Double Klik Switches,Pilih Fast Ethernet

5. Selanjutnya setelah terhubung antara PC dan Switches, Lalu klik CLI

6. Berikut tampilan Pertama saat membuka switches

7. Terakhir adalah ampilah saat melakukan konfigurasi melalui CLI pada switch dengan memasukan IP address yang ada pada slide jaringan komputer.



1.Perintah Dasar Cisco:

- Swicth->Enable, Perintah Yang Digunakan Untuk Berpindah Dari User Ke Privilages Menggunakan "Enable"

- Switch->#Configure Terminal, Perintah Yang Digunakan Untuk Mengkonfigurasi Secara Umum Menggunakan "CONFIGURE TERMINAL"

2. Konfigurasi Perangkat

- Switch->#hostname Firdaus, Hostname. Nama host atau Hostname adalah nama komputer. Pemberian nama ini spesifik, untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan. Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama.


3. Konfigurasi Dasar Perangkat

- Firdaus(config)#enable secret cisco
- Firdaus(config)#line console 0
- Firdaus(config)#password c1$c0
- Firdaus(config)#login
- Firdaus(config)#exit
- Firdaus(config)#line vyt 0 4
- Firdaus(config)#password c1$c0
- Firdaus(config)#login
- Firdaus(config)#exit

* Supaya Bisa Mengamankan Password Dengan Lebih Ketat Dan Mudah.
* Menghindarkan Pengunaan Password Berulang-Ulang.
* Menggunakan Karakter Password Yang Kuat.

- Firdaus(config)#banner motd "Selamat Datang"

fungsi bannner itu sendiri adalah sebagai identitas deskripsi dari sistem device cisco. Selain itu banner sendiri bisa menjadi sebagai pengaman yang akan mengecoh para pembobol jaringan walaupun pengecohan tersebut hanya meningkatkan 5-20% tingkat keamanan.

- Firdaus(config)#interface vlan 1
fungsi interface. Interface, antarmuka. Penghubung antara dua sistem atau alat. ... Sedangkan dalam terminologi perangkat keras,interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu sistem.

- Firdaus(config)#ip address 192.168.10.1 255.255.255.0

Fungsi IP Address adalah sebagai alat identifikasi Host atau antar muka, alamat lokasi pada jaringan komputer yang bersifat unik untuk tiap-tiap komputer dan digunakan juga pada jaringan ini.r

Sekian informasi tentang konfigurasi perangkat sederhana menggunakan Cisco Paket Tracer pada pertemuan 9 semoga bermanfaat.
Terimakasih.

Komentar

Posting Komentar